Senin, 01 Agustus 2016

5 Tips Kulit Bebas-Jerawat

sumber : everydayme.co.id

Anda mungkin bukan remaja lagi, tapi serangan-serangan jerawat menyebalkan masih saja ada. Bahkan, hampir setengah populasi perempuan di usia 20-an dan satu dari empat perempuan di usia 30-an memiliki  jerawat, menurut laporan terbaru dari Asosiasi Dermatologis Amerika.
Jerawat pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh perubahan hormon selama siklus menstruasi, stress, dan faktor emosional. Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit jika Anda memiliki jerawat yang bandel dan konsisten, namun untuk mencegah pertumbuhan jerawat di wajah Anda, ikuti langkah-langkah praktis ini. Jika Anda memiliki anak praremaja yang akan mengalami serangan jerawat,bagikan juga tips ini dengannya.
Bersihkan Rutin dengan Lembut
Cuci wajah Anda dua kali sehari untuk menyingkirkan kotoran dan sebum yang dapat mendorong bakteri penyebab jerawat berkembang biak pada kulit Anda. Gunakan pembersih bebas minyak yang lembut dan tidak akan menghilangkan minyak alami wajah—sehingga mengakibatkan kulit sensitif nantinya. Jika Anda memakai make-up, biasakan untuk menghapus semua sisa make-up sebelum Anda tidur untuk memastikan pori-pori Anda tetap bernapas.
Gunakan produk non-comedogenic
Gunakan produk non-comedogenic atau yang tidak menyebabkan penyumbatan di wajah Anda. Hal ini sangat penting untuk produk yang akan tetap di wajah Anda selama jangka waktu yang lama, seperti pelembab, tabir surya dan pondasi. Hindari produk berbasis minyak yang akan merangsang pertumbuhan jerawat.
Jangan Menyentuh Wajah Anda
Hindari mengutak-atik atau menyentuh wajah dan leher dengan tangan Anda kecuali mereka benar-benar bersih, sebab jari-jari yang kotor dapat mentransfer kotoran dan bakteri untuk wajah Anda. Bila Anda perlu menggunakan ponsel Anda, sebaiknya bersihkan layar dengan antibakteri untuk menyingkirkan kuman dan minyak di permukaan ponsel. Atau, gunakan set handsfree.
Makan makanan yang tepat
Ikuti diet sehat yang terdiri dari konsumsi buah segar, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Makanan memainkan peran penting tidak hanya dalam kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga dalam meningkatkan kualitas kulit Anda.
Salmon, yang tinggi omega-3, mampu membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kulit kemerahan, sedangkan makanan yang kaya antioksidan membantu melawan radikal bebas yang berkontribusi terhadap kerusakan kulit.
Kurangi Stres
Pernah melihat bagaimana Anda cenderung menderita benjol dan noda ketika Anda terlalu stres untuk mengurus diri? Stres menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit Anda, yang menyebabkan pembentukan jerawat. Jadi seberapa sibuk apapun Anda dalam peranan Anda antara karir dan keluarga, pastikan Anda punya jadwal “me time” untuk diri sendiri.
Hal ini dapat sesuatu yang sederhana seperti duduk diam di ruang kosong selama 15 menit setiap hari atau mandi air hangat dengan rileks. Aktivitas fisik secara teratur seperti yoga atau jogging tidak hanya menyehatkan Anda, namun juga akan melancarkan sirkulasi yang lebih baik untuk memperbaiki kulit Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar